Studi kasus UKM bisnis bantal Cleo melalui media online.
Dilihat dari segi ekonomi digital peluang bisnis ini termasuk
menjanjikan.
Dari sisi knowledge, pengetahuan bagaimana produk tersebut
di produksi, dalam hal ini kain yang dipilih untuk cover bantal menggunakan
kain katun, hiasan memakai kain perca, dan isi bantal menggunakan Dacron.
Pengetahuan akan segmentasi pasar yang dituju juga penting, dalam hal ini
segmentasi pasar nya adalah wanita dan anak muda.
Dari segi digitization produk dapat di foto sebagai contoh
sehingga dapat mempermudah penjualan dan mengurangi biaya penyimpanan dan
perawatan.
Dari segi virtualization produk ini dapat dijual dengan
menggunakan perangkat sederana seperti laptop yang terkoneksi ke internet
sehingga penjualan dapat lebih mudah dan mudah dipantau dan dapat dilakukan
dimana saja secara online dan real time.
Dari segi molecularization produk ini dapat beradaptasi akan
perbuahan dimana nanti nya bentuk bantal atau bahan kain dapat disesuaikan
dengan model yang terbaru.
Dari segi internetworking penjualan di internet dapat di
lakukan dengan metode reseller atau dropshiper dimana produk ini akan dijual
kembali oleh rekanan sehingga akan terjalin sebuah kerjasama yang saling
menguntungkan.
Dari segi disintermediation tidak ada perantara antara
pemasok dengan pelanggan karena bisnis ini menggunakan internet sehingga
interaksi yang terjadi hanya pemasok dan pelanggan.
Dari segi convergence, bisnis ini sudah meliputi tiga factor
nya yaitu computing, communication, dan content.
Dari segi innovation produk ini sendiri nanti nya dapat
dikembangkan dari hanya bantal santai dapat dibuat bantal tidur, atau guling,
dan seprai dan bed cover.
Dari segi prosumption media yang digunakan menggunakan
facebook dan kaskus yang memiliki fasilitas jual beli dan karena pengguna
internet banyak yang mengunjungi kedua website tersebut.
Dari segi immediacy masih sedikit persaingan dalam bisnis
ini, dalam hal transaksi pembayaran dapat dilakukan secara cepat seperti
transfer melalui mobile banking atau internet banking.
Dari segi globalization siapapun dapat membeli produk ini
tanpa mengenal batasan, sehingga pelanggan dari seluruh Indonesia dapat membeli
nya, dan di masa depan nya diharapkan produk ini dapat go international.
Dari segi discordance bisnis ini dapat bertahan dari
perubahan social dan budaya dimana produk ini merupakan produk universal yang
dapat digunakan siapa saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar